Kemapuan mesin adalah prestasi suatu mesin yang erat
hubungannya dengan daya mesin yang dihasilkan serta daya guna mesin tersebut.
Beberapa hal yang mempengaruhi kemampuan mesin, antara lain :
1. Silinder;
2. perbandingan kompresi;
3. efesiensi volumetrik;
4. pemasukan udara dan bahan bakar (efisiensi
pengisian);
5. efesiensi motor (efisiensi panas dan daya
usaha)
Isi Silender
Isi silender adalah besarnya volume langkah (piston
displacement) ditambah volum ruang bakar. Volum langkah ialah volum diatas
torak sewaktu torak berada di TMB sampai garis TMA. Volum bakar adalah volum di
atas torak pada saat torak berada di TMA. Volum ruang bakar adalah volum di
atas torak pada saat kotak berada di TMA, yang jug disebut volum sisa.
Besarnya volum langkah atau isi langkah torak adalah
sebesar luas lingkaran torak dikaitkan panjang langkah torak atau dapat ditulis
dengan persamaan :
Keterangan :
VL = volum langkah (cc)
D = diameter silinder (cm)
L = panjang langkah torak (cm)
Isi silinder adalah sebesar :
Vt = VL + Vs
Keterangan :
Vt = volum total atau silinder
Vs = volum sisa atau volum ruang bakar
Besar diameter silinder dan langkah torak ini akan
mempengaruhi kemapuan mesin tersebut. Hubungan antara diameter (D) dan langkah
torak (L) adalah sebaga berikut :
D < L dinamakan Long Stroke Engine
D = L dinamakan Square Engine
D > L dinamakan Over Square Engine
Pada motor putaran tinggi umumnya menggutamakan
jenis over square engine karena dengan diameter yang lebih besar daripada
langkah torak akan mengurangi kerugian gersekan antara torak dan dinding
silinder. Selain itu, memungkinkan penempatan katup lebih dari dua buah
tiap-tiap silindernya.
Perbandingan Kompresi
Perbandingan kompresi atau bilangan kompresi adalah
perbandingan antara isi silinder dan ruang bakar atau ruang kompresi.
Keterangan :
å = perbandingan kompresi
Vt = volum total atau isi silinder
Vs = volum sisa atau ruang bakar
VL = volum langkah
Jika perbandingan kompresi dari suatu motor ruang
bakar torak tinggi, tekanan kompresor juga tinggi. Hal ini akan berpengaruh
terhadap tekanan hasil pembakaran di dalam silinder oleh karena itu, untuk
mempertinggi efisiensi motor, bakar torak, salah satu cara yang dilakukan
adalah dengan menaikkan perbandingan kompresi tersebut.
Perbandingan kompresi motor bensin lebih rendah
daripada perbandingan kompresi motor diesel. Hal ini disebabkan pada motor
bensin yang dikompresikan adalah bahan bakar dan udara. Jika pada saat kompresi
bahan bakar dan udara tersebut minimbulkan panas yang tinggi, sedangkan
kualitas bensin (diukur dalam angka oktan) lebih rendah, kemungkinan akan
terjadi detonasi, yaitu penyalaan sendiri sebelum waktunya-dinyalakan oleh
busi.
Besarnya perbandingan kompresi pada motor bensin
berkisar antara 6 – 12. besarnya perbandingan antara isi silinder pada
permulaan kompresi dengan isi silinder pada permulaan pembakaran.
Efesiensi Volumeterik
Secara teoritis banyaknya bahan bakar dan udara yang
masuk ke dalam silinder sama dengan volum langkahnya. Akan tetapi, kenyataannya
lebih sedikit karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tekanan udara,
temperatur, panjang saluran, bentuk saluran, dan sisa hasil pembakaran di dalam
silinder pada proses yang mendahului. Efisiensi volumatrik adalah perbandingan
antara volum muatan segar yang masuk ke dalam silinder dengan volum langkahnya.
Keterangan :
hvol = efisiensi volumetrik
Vi = volum muatan segar yang masuk ke
dalam silinder
VL = volum langkah
Dengan penjelasan di atas menunjukkan bahwa
efisiensi volumetrik suatu motor tidak akan mencapai 100%, tetapi
hanya berkisar antara 65 % s.d. 85%. Semakin besar efesiensi volumetrik akan
semakin besar tenaga yang dihasilkan. Semkin banyak muatan segar yang masuk ke
dalam silinder akan semakin besar pula tekanan hasil pembakarannya. Untuk
meningkatkan efesiensi tersebut dapat dilakukan dengan cara membantu pemasukan
muatan segar dengan tekanan lebih. Apabila pemasukan muatan segar yang masuk ke
dalam silinder dibantu dengan tekanan yang melebihi satu atmosfer maka besarnya
efisiensi volumetrik dapat mencapai 100 %.
Kemapuan mesin adalah prestasi suatu mesin yang erat hubungannya dengan daya mesin yang dihasilkan serta daya guna mesin tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi kemampuan mesin, antara lain :
maaf knp hanya sampai efisiensi volumetrik mn efisiensi pengapian dan efisiensi motornya trima ksh
BalasHapus